Minggu, 23 September 2007

my manchester united

Tanpa Jose Mourinho Chelsea Dipecundangi MU 0-2
Kris Fathoni W - detikSport


BBC
Manchester - Chelsea tampil buruk dalam pertandingan pertama sepeninggal Jose Mourinho. Tak hanya dibekuk 0-2 oleh Manchester United, The Blues juga harus mengakhiri pertandingan dengan sepuluh pemain.

Disaksikan langsung oleh Roman Abramovich yang hadir bersama direksi Chelsea plus pelatih tim nasional Belanda, Marco van Basten, Chelsea tak kuasa menampilkan permainan terbaik. Carlos Tevez dan pengantinya, Louis Saha pun memastikan tiga angka buat Manchester United. Hasil ini membawa "Red Devils" naik ke posisi dua klasemen dengan poin 14. Sementara kekalahan membuat Chelsea tertahan di peringkat enam.

Avram Grant tampaknya punya resep beda dengan Jose Mourinho. Dijamu MU di Old Trafford, Minggu (23/9/2007), pelatih asal Israel itu memilih Andriy Shevchenko dan Claude Makelele yang sebelumnya jarang mendapat tempat.

Shevchenko nyaris saja menjawab kepercayaan Grant ketika mengancam gawang Edwin van Der Sar di menit sembilan. Namun tendangan keras dari luar kotak penalti yang dilepaskannya masih jauh melayang ke arah kiri gawang MU.

Tujuh menit sebelumnya, adalah Wayne Rooney yang memiliki kesempatan buat MU. Dikawal Tal Ben Haim, Rooney mencoba melepaskan tendangan terarah ke tiang jauh namun Petr Cech bisa menepis bola untuk menghasilkan sepak pojok.

Pada menit 17, Joe Cole menjatuhkan Patrice Evra di kotak terlarang. Tayangan ulang memperlihatkan Cole telah melanggar Evra, kendati wasit tidak menunjuk titik putih.

Di menit 28, giliran Carlos Tevez yang mencatatkan peluang. Berawal dari tendangan bebas yang diambil cepat, Tevez memasuki kotak penalti Chelsea dan langsung melepaskan tembakan keras. Lagi-lagi Cech masih sigap mengantisipasi dan menangkap bola seraya menjatuhkan diri.

Dua menit berselang, salah umpan Michael Essien dimanfaatkan benar oleh Rooney yang langsung mengirim umpan silang berbahaya ke tiang jauh. Ryan Giggs meneruskan dengan tendangan dari sudut sempit tetapi bola masih melambung.

Chelsea harus bermain dengan sepuluh orang usai John Obi Mikel diusir di menit 32. Tekel dua kakinya kepada Evra dinilai wasit Mike Dean layak diganjar kartu merah.

Unggul jumlah pemain, MU terus menekan. Kesigapan Cech di bawah mistar kembali membuat gawang Chelsea perawan setelah menahan sundulan Nemanja Vidic hasil tendangan bebas.

Menjelang jeda, MU akhirnya unggul. Umpan silang Giggs menggunakan kaki kirinya dari sayap kanan sukses disambar tandukan Tevez mendahului sergapan Cech.

Memasuki babak kedua, MU masih dominan. Di menit 58 umpan panjang Michael Carrick bisa dikejar Giggs yang lantas melepaskan tembakan, namun lagi-lagi belum menemukan sasaran.

Tekel Joe Cole di menit 73 mendapat protes kubu MU karena wasit hanya mengganjar kartu kuning. Pelanggaran keras itu dirasa Sir Alex Ferguson dan Carlos Quieroz layak untuk kartu merah.

Di menit 88, wasit menunjuk titik putih setelah Ben Haim "menyisakan" tangannya untuk menjatuhkan Louis Saha. Pemain Prancis yang menggantikan Tevez itu pun menuntaskan peluang dengan baik, meski bola sepakannya sempat tipis mengenai kaki Cech. Hasil 2-0 buat MU pun bertahan sampai akhir pertandingan.


Susunan Pemain:

Man Utd: Edwin Van der Sar; Wes Brown, Patrice Evra, Rio Ferdinand, Nemanja Vidic, Michael Carrick, Ryan Giggs, Cristiano Ronaldo, Paul Scholes, Wayne Rooney, Carlos Tevez (L Saha '78).

Chelsea: Petr Cech; Tal Ben Haim, Ashley Cole, Paulo Ferreira, John Terry, Joe Cole (C Pizarro '75), Michael Essien, Claude Makelele, Florent Malouda (S Wright Phillips '68), Mikel John Obi, Andriy Shevchenko (S Kalou '59). (krs/din)

Tidak ada komentar: