Minggu, 16 September 2007

GO ROSSI GO !


Senin, 17 Sept 2007,
Juara, Rossi Mantap di Urutan Kedua


ESTORIL - Valentino Rossi membuktikan diri masih menjadi aktor utama MotoGP. Kemarin (tadi malam WIB), pembalap yang kali terakhir meraih kemenangan pada Juni lalu itu menjadi juara dalam MotoGP Portugal di Sirkuit Estoril.

Start dari urutan ketiga, pembalap Fiat Yamaha itu sempat terlempar ke posisi ketujuh. Di saat yang sama, pembalap Ducati Casey Stoner yang start dari posisi kedua mengambil alih pimpinan lomba dengan mendahului Nicky Hayden (Repsol Honda).

Perlahan Rossi merangsek ke barisan terdepan. Pada lap kesembilan dia sudah berada di posisi kedua setelah mendahului Stoner di trek lurus. Di depan Rossi masih ada Dani Pedrosa (Repsol Honda) yang mencoba mendapatkan kemenangan keduanya musim ini.

Setelah lap kesembilan, pertarungan praktis menjadi adu cepat Rossi kontra Pedrosa. Di lap kesepuluh Rossi sempat mendahului Pedrosa, namun itu tak bertahan lama. Keunggulan Honda di trek lurus memberikan keunggulan bagi Pedrosa.

Baru pada lap ke-24, Rossi kembali mengambil alih pimpinan. Meski sempat didahului Pedrosa di dua lap berikutnya, dia mampu mengunci keunggulan pada lap ke-26. Rossi masuk finis dengan catatan waktu 45 menit 49,911 detik. Pedrosa berada di belakangnya dengan selisih 0,175 detik.

"Dani (Pedrosa) kembali membuktikan sulit dikalahkan. Terjadi pertarungan yang cukup sengit di setiap tikungan," tutur Rossi.

Kemenangan yang diperoleh Rossi tersebut mengakhiri paceklik kemenangan dalam empat seri sebelumnya yang tiga diantaranya direbut Stoner. Bagi Rossi, kemenangan ini menjadi yang keempat musim ini dan yang ke-62 semenjak terjun di MotoGP. Terakhir kali dia memperolehnya saat seri berlangsung di Sirkuit Assen, Belanda, 30 Juni lalu.

25 poin yang diperoleh Rossi kemarin membuat persaingan untuk merebut jawara 2007 secara matematis tetap terbuka. Dengan 100 poin maksimal yang tersedia di empat seri tersisa musim ini, Rossi masih memiliki peluang untuk bersaing dengan Stoner yang memimpin klasemen pembalap. Keduanya hanya berbeda 76 poin (287-211).

"Kemenangan di sini sangat penting. Secara matematis saya masih berpeluang untuk berebut juara," tuturnya seperti dikutip Associated Press (AP).

Memang, Rossi akan sangat sulit untuk mengejar Stoner. Namun, setidaknya dia makin mantap di urutan kedua, untuk menghindarkan diri dari posisi ketiga yang selama ini belum pernah dia rasakan. Rossi unggul 23 poin dari Pedrosa.

Sementara, Stoner mengakui mendapatkan masalah dengan setelan motornya di awal lomba. Itu membuatnya tak mampu bersaing dengan Rossi dan Pedrosa. Dia hanya menguntit di belakang keduanya dan menunggu kesalahan dilakukan hingga garis finis.

"Sejak start saya sudah merasakan adanya masalah. Meski dapat memperbaiki catatan waktu tiap lap, itu tak cukup untuk memenangkan keseluruhan balapan," terang pembalap Australia itu. (ady)


Hasil MotoGP Portugal di Sirkuit Estoril:
(28 lap, sepuluh besar)
1. Valentino Rossi, Fiat Yamaha, 45 menit 49,911 detik.
2. Dani Pedrosa, Repsol Honda, 45 menit 50,086 detik
3. Casey Stoner, Ducati, 45 menit 51,388 detik
4. Nicky Hayden, Repsol Honda, 46 menit 2,862 detik
5. Marco Melandri, Honda Gresini, 46 menit 7,254 detik
6. John Hopkins, Rizla Suzuki, 46 menit 8,768 detik
7. Carlos Checa, Honda LCR, 46 menit 21,435 detik
8. Toni Elias, Spanyol, Honda Gresini, 46 menit 30,446 detik
9. Loris Capirossi, Italia, Ducati, 46 menit 33,018 detik
10. Colin Edwards, FiatYamaha, 46 menit 34,585 detik

Klasemen Lima Besar Pembalap (14 dari 18 seri)
1. Casey Stoner 287
2. Valentino Rossi 211

Tidak ada komentar: